Pengertian IMAN

Banyak orang Kristen yang salah paham tentang pengertian bahwa bila iman adalah anugerah Allah, maka respon manusia sama sekali tidak diperlukan, karena bila respon manusia diperlukan, maka bukan anugerah lagi nama nya, begitu pengertian mereka. Pengertian yang keliru sama sekali!
Bila iman adalah anugerah Allah secara sepihak tanpa memerlukan respon dari manusia, lalu kenapa tidak semua orang beroleh iman? Apakah karena Yesus tidak cukup murah hati mengaruniakan iman kepada semua orang? Dan kenapa Yesus menuntut manusia supaya bertobat & percaya kepada Nya?
Tetapi Alkitab mengajarkan bahwa untuk memperoleh iman respon manusia mutlak diperlukan! Alkitab mengajarkan bahwa manusia selamat melalui iman kepada Yesus Kristus, tetapi Alkitab juga mengajarkan bahwa IMAN adalah anugerah Allah (Roma 12:3). Dan Allah menuntut manusia untuk merespon panggilan Nya.
Perbedaan antara PERCAYA & IMAN

TANYA: Bila Allah menyediakan keselamatan untuk SEMUA orang tetapi kenapa TIDAK SEMUA selamat?
Yohanes 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
JAWAB: Karena tidak semua beroleh IMAN
II Tesalonika 3:2 dan supaya kami terlepas dari para pengacau dan orang-orang jahat, sebab bukan semua orang beroleh iman.
TANYA: Karena IMAN adalah ANUGERAH (Roma 12:3), kenapa Allah tidak memberikan IMAN kepada SEMUA ORANG?
Roma 12:3 Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing.
JAWAB: Tidak semua orang MENERIMA kabar baik itu karena tidak semua orang MAU PERCAYA (Roma 10:16).
Roma 10:16 Tetapi tidak semua orang telah menerima kabar baik itu. Yesaya sendiri berkata: “Tuhan, siapakah yang percaya kepada pemberitaan kami?”
Jadi IMAN adalah NOUN (kata benda) sedangkan PERCAYA adalah kata KERJA. Itu sebabnya Yesus MENUNTUT manusia untuk MAU bertobat dan percaya kepada Nya terlebih dahulu kepada Nya, baru kemudian Allah mengaruniakan IMAN kepada manusia.
Yesus menuntut supaya manusia mau bertobat & percaya kepadaNya
Kenapa Yesus menuntut manusia untuk mau percaya kepada Nya? Karena manusia bertanggung jawab kepada kehendaknya sendiri, sama seperti Adam bertanggung jawab atas perbuatannya sendiri sehingga dihukum, demikian pula sekarang manusia yang mau percaya (bertobat) kepada Yesus akan diselamatkan dan yang tidak mau percaya akan tetap dihukum (Yohanes 3:18).
Markus 1:15 kata-Nya: “Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!”
Yohanes 11:26 dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?”
Yohanes 10:38 tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan mengerti, bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa.”
Yohanes 12:35 Kata Yesus kepada mereka: “Hanya sedikit waktu lagi terang ada di antara kamu. Selama terang itu ada padamu, percayalah kepadanya, supaya kegelapan jangan menguasai kamu; barangsiapa berjalan dalam kegelapan, ia tidak tahu ke mana ia pergi.
Yohanes 14:1 “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.
Bila iman adalah anugerah Allah secara sepihak, kenapa Yesus menuntut manusia untuk percaya?
Yesus MEMUJI yang percaya kepada Nya:
Matius 8:10 Setelah Yesus mendengar hal itu, heranlah Ia dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorang pun di antara orang Israel.
Matius 15:28 Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: “Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki.” Dan seketika itu juga anaknya sembuh.
Bila iman adalah anugerah Allah secara sepihak, kenapa Yesus memuji mereka?
Yesus MENCELA ketidak percayaan manusia
Markus 16
16:14 Akhirnya Ia menampakkan diri kepada kesebelas orang itu ketika mereka sedang makan, dan Ia mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka, oleh karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah melihat Dia sesudah kebangkitan-Nya.
Lukas 9
9:41 Maka kata Yesus: “Hai kamu angkatan yang tidak percaya dan yang sesat, berapa lama lagi Aku harus tinggal di antara kamu dan sabar terhadap kamu? Bawa anakmu itu kemari!”
Lukas 24
24:25 Lalu Ia berkata kepada mereka: “Hai kamu orang bodoh, betapa lambannya hatimu, sehingga kamu tidak percaya segala sesuatu, yang telah dikatakan para nabi!
Bila iman adalah anugerah Allah secara sepihak, kenapa Yesus mencela mereka karena tidak percaya?
Bagaimana memperoleh IMAN?
(Kehendak Allah vs kehendak manusia = Tanggung jawab manusia)

Alkitab mengajarkan untuk memperoleh iman harus ada respon aktif dari manusia. Manusia harus memohon kepada Tuhan dan berseru kepada Nya.
Matius
14:28 Lalu Petrus berseru dan menjawab Dia: “Tuhan, apabila Engkau itu, suruhlah aku datang kepada-Mu berjalan di atas air.”
14:29 Kata Yesus: “Datanglah!” Maka Petrus turun dari perahu dan berjalan di atas air mendapatkan Yesus.
14:30 Tetapi ketika dirasanya tiupan angin, takutlah ia dan mulai tenggelam lalu berteriak: “Tuhan, tolonglah aku!”
14:31 Segera Yesus mengulurkan tangan-Nya, memegang dia dan berkata: “Hai orang yang kurang percaya, mengapa engkau bimbang?”
Markus 9:24 Segera ayah anak itu berteriak: “Aku percaya. Tolonglah aku yang tidak percaya ini!”
Alkitab mengajarkan bahwa iman adalah ANUGERAH Allah, tetapi Yesus menuntut manusia untuk MAU PERCAYA kepada-Nya.
Bagaimana supaya kita memiliki IMAN? Yesus berkata: MINTALAH !
Maka BERSERULAH kepada YESUS, maka DIA akan menyelamatkan anda dengan mengaruniakan IMAN kepada anda. Setelah anda memperoleh iman itu, peliharalah dengan melakukan yang Yesus ajarkan dan jangan menolak suara hati NURANI dan Roh Kudus yang berdiam dalam hati supaya IMAN yang adalah karunia itu TIDAK KANDAS! (I Timotius 1:19).
KESIMPULAN
Iman adalah ANUGERAH Allah dengan respon manusia, itu sebabnya TIDAK SEMUA orang beroleh iman karena tidak semua orang MAU PERCAYA, karena tidak semua orang mau mencintai terang, sebagian mengeraskan hati dengan mencintai dan menikmati dosa-dosa mereka dan menimbun murka bagi diri mereka sendiri (Roma 2:5). Tetapi siapa yang MAU PERCAYA akan disembuhkan oleh Yesus (Matius 13:15)

Jadi iman adalah KARUNIA Allah kepada orang yang MAU PERCAYA kepada Allah. Setelah IMAN dikaruniakan ke dalam hati maka manusia bertanggung jawab memelihara IMAN.

Posted by Kasih Yesus on 1:43 PM . Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

Film & Musik Rohani

FLICKR PHOTO STREAM

2010 Kasih Yesus Kristus . All Rights Reserved. - Written by Frans Firdaus